Optimasi SEO Blog Basic Untuk Pemula

Optimasi SEO Blog Basic Untuk Pemula

Optimasi SEO Blog Basic Untuk Pemula
Optimasi SEO basic untuk pemula - Tulisan ini saya peruntukkan untuk para blogger pemula yang baru saja mulai membuat blog dan akan memulai aktifitas menjadi seorang blogger. Mengapa blog perlu di optimasi? ini mungkin sebuah pertanyaan yang ada di benak anda khan?. Baiklah sebelum saya menjawab pertanyaan di atas maka perlu saya jelaskan disini bahwa membuat blog saja tidak cukup untuk menjadi seorang blogger sejati karena perlu anda ketahui untuk menjadi seorang blogger yang terkenal di internet maka diperlukan langkah optimasi seo untuk blog yang baru saja anda buat.

Saya berikan ilustrasi singkat mengapa blog perlu untuk di optimasi. Pastinya agan ketika mencari postingan ini menggunakan browser khan? Nah di browser itu anda telah setting dengan mesin pencarian google indonesia dan pada waktu anda mengetikkan cara membuat blog di blogspot maka pada halaman pertama google indonesia akan ditampilkan beberapa situs yang berisikan informasi tentang cara membuat blog di blogspot. Nah disinilah pentingnya anda melakukan optimasi seo agar artikel atau tulisan yang anda buat bisa berada di halaman page satu google indonesia.

Mengapa perlu berada di halaman satu google? jadi begini kawan ketika blog anda berada di halaman pertama search engine seperti google maka kemungkinan artikel anda akan dibuka oleh pengunjung semakin besar dan dengan semakin banyak pengunjung maka kesempatan untuk mendapatkan peluang bisnis online tentunya akan semakin besar pula. jadi begitulah pentinya anda mengapa perlu dilakukan usaha atau langkah optimasi seo untuk blog anda tersebut. Gimana sudah mengerti khan?

Sekarang waktunya kita untuk membahas topik utama kita yaitu optimasi seo untuk pemula ini dan saya tentunya berharap tulisan ini nanti bisa berguna dan bermanfaat bagi anda terutama anda yang masih pemula dan ingin memulai menjadi seorang blogger.

SEO On Page

SEO On page adalah optimasi blog yang fokus pada kekuatan internal blog. Berikut ini adalah beberapa langkah yang sering dilakukan untuk optimasi seo on page ini diantaranya :

1. Menggunakan template blog yang seo friendly.
Menggunakan template yang SEO friendly akan mempu membuat blog lebih optimal di search engine. Adapun kriteria template blog SEO friendly ini adalah memiliki navigasi yang mudah, responsive, dan fast loading ).
2. Tata letak template
Tata letak template bertujuan untuk navigasi pengunjung yang mudah. Biasakanlah memilih template yang memiliki sidebar di kanan dan artikel di kiri.
3. Blog memiliki meta tag yang SEO Friendly,
4. Membuat recent post, popular post, dan kategori pada sidebar anda
Memasang recent post, popular post, dan kategori berfungsi agar search engine lebih mudah mengidentifikasi apa yang dibahas pada situs anda dan berfungsi juga agar navigasi situs anda lebih mudah.
5. Penempatan Keyword
Munculkan keyword pada awal artikel. Munculkanlah keyword yang anda target pada paragraf awal dan sebaiknya kalimat pertama,serta di setiap paragraf terdapat 2 keyword variasi dan pada akhir artikel juga terdapat keyword utama. Setiap keyword yang muncul di bold, underline, italic. Keyword utama dan variasi dapat anda dapatkan dari proses riset keyword dengan google keword planner.
6. Tag heading
Anda bisa memanfaatkan tag heading pada pokok-pokok bahasan suatu artikel dan nenjadikannya subjudul artikel. Tag heading juga mengandung keyword, baik itu keyword variasi ataupun keyword utama.
7. Jumlah kata 500+ kata
Berungsi agar lebih mudah untuk menempatkan keyword dan artikel yang memiliki tingat rincian tinggi disukai oleh searcher(Pencari) dan search engine.
8. Perbanyak internal link
Internal link berfungsi agar pageviews dan pandangan mesin pencari kepada situs anda lebih baik. Usahakan pada setiap artikel mengandung keyword dengan menggunakan anchor text.
9. Alt tag Image

Resource : https://www.bersosial.com/threads/cara-mudah-melakukan-optimasi-seo-on-page-blog.6315/

SEO Off Page

SEO Off Page adalah kebalikan dari optimasi seo on page dimana teknik optimasi blog iniadalah cara dan teknik optimasi yang dilakukan di luar halaman blog/web kita.

Cara yang sering dilakukan untuk optimasi seo off page ini adalah :

1. Submit Artikel ke Social Bookmark
Pernah dengan situs Social Bookmark? Itu lho situs yang menerima dan merangkum artikel dari berbagai blog atau website. Situs tersebut bisa membantu blog anda untuk meningkatkan trafik. Karena situs tersebut mempunyai pegarank dan alexa rank yang bagus. Yang perlu anda lakukan adalah mendaftar dan submit artikel ke situs social bookmark. Ada banyak sekali situs social bookmark di internet. Antara lain adalah lintas.me, infogue.com, dll. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Daftar 25 Situs Social Bookmark Terbaik Dunia.

2. Berkomentar di Blog Dofollow, Pagerank Tinggi, Alexa Rank Langsing
Anda perlu mencari backlink berkualitas dari berbagai blog atau website. Usahakan blog yang akan anda beri komentar adalah blog bertrafik tinggi yang mempunyai pagerank dan alexa rank yang tinggi. Selain itu juga blog dofollow. Anda pasti bertanya, dimana saya bisa menemukan blog dofollow? Anda bisa bertanya kepada Mbah Gugel dengan mengetikkan keyword Daftar Blog Dofollow Indonesia Terbaru.

3. Share Artikel ke Social Media
Usahakan setiap penerbitan posting terbaru di blog, diikuti dengan melakukan share ke social media. Tujuannya selain bisa menjaring pemirsa dari social media, juga bisa memperoleh backlink dari situs social media tersebut.  Hingga sampai saat ini, jejaring sosial yang paling potensial untuk mendatangkan trafik adalah Google+, Facebook, dan Twitter.

4. Pasang Iklan Baris Gratis
Tidak ada salahnya sekali-kali mempromosikan blog/web anda di situs Pasang Iklan Baris. Tujuan nya adalah selain bisa mengiklan kan blog anda, juga bisa memperoleh backlink dari situs tersebut. Ada banyak website yang menyediakan pemasangan iklan gratis. Antara lain adalah PasangIklanBaris.org, Internet-Action.info, PasangIklanBaris.asia, PasangIklan.co.id, dan masih banyak lagi.

5. Submit Blog Anda di Direktori Web Blog
Situs ini merupakan situs yang menampung berbagai blog/web untuk memperkenalkan blog kita kepada para blogger lain. Jika blog anda masih relatif baru, tidak ada salah nya untuk submit ke situs Direktori Web Blog. Hal itu dilakukan selain bisa memperkenalkan dan mempromosikan blog anda, juga anda akan mendapatkan backlink gratis dari situs tersebut. Di Indonesia, ada banyak sekali situs jenis ini. Antara lain adalah direktoriweblog.blogspot.com, direktoriweblog.com, webdirektori.blogspot.com, dan masih banyak lagi.

6. Menjadi Penulis Tamu / Guest Blogger
Hal yang jarang dilakukan oleh para blogger tapi sebenarnya menguntungkan adalah menjadi penulis tamu di blog/website lain. Dengan menjadi guest blogger, maka secara tidak langsung blog anda akan di promosikan oleh blog yang menampung guest blogger. Sehingga anda bisa menjaring pengunjung dari blog tersebut. Selain itu, anda bisa juga memperoleh backlink dari blog tersebut. Ada banyak sekali blog/website yang menyediakan fasilitas penulis tamu. Antara lain adalah Isnuansa.com, Rizkyzone.com, o-om.com, Blogguebo.com, dan masih banyak lagi.

7. Melakukan Ping pada Artikel Terbaru
Trik ini bertujuan untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine. Sehingga, postingan yang baru diterbitkan beberapa menit di blog, bisa langsung cepat muncul di halaman Google, Yahoo, dan Bing. Sehingga, posting terbaru blog anda berpotensi mendatangkan banyak pengunjung jika bisa segera muncul di search engine. Situs untuk melakukan ping antara lain adalah TotalPing.com, GooglePing.com,dan lain sebagainya.

8. Buat 100 Blog Dummy dari Berbagai Platform
Anda bisa membuat blog dummy. Apa itu blog dummy? Adalah blog yang dibuat secara khusus untuk memperbanyak jumlah backlink yang menuju homepage atau halaman posting blog anda. Diharapkan blog tersebut lintas platform, yang meliputi Blogspot, WordPress, Blogdetik, LiveJournal, Selfhosted, dll. Silahkan baca selengkapnya Daftar Situs Penyedia Blog Gratis. Tidak usah banyak-banyak dalam membuat blog dummy. Saya kira 100 blog saja sudah lebih dari cukup. Usahakan blog tersebut mempunyai tema/topik yang relevan dengan blog anda. Selain itu, sebaiknya blog tersebut diisi dengan konten yang banyak dan original. Minimal 20 posting.

9. Menjadi i-Reporter di Surat Kabar Online
Trik ini hampir sama dengan menjadi penulis tamu di blog lain. Tapi ini kali ini yang menjadi target adalah situs koran online. Disini anda bisa memperoleh backlink dari situs tersebut dengan cara mengirim artikel agar bisa dimuat di website surat kabar online. Sejauh yang saya tahu, situs koran online yang menyediakan fasilitas i-reporter / netizen journalism adalah Merdeka.com. Setiap artikel yang dikirim dan dimuat di situs tersebut, akan disisipi link yang menuju homepage blog anda yang berguna untuk SEO.

10. Mencari Backlink di Situs Forum Dofollow
Di internet ada beberapa situs forum yang ramai pengguna nya. Selain rame, juga mempunyai ranking alexa dan pagerank yang tinggi. Adalah situs Bersosial.com, Ads-id.com, Kaskus.com, Forum.Detik.com, Kompasiana.com, dll yang merupakan situs forum. Disitu anda bisa mencari backlink. Caranya bagaiaman? Anda bisa share artikel atau mungkin bisa juga dengan cara berkomentar dengan menyisipkan link yang menuju blog anda.

11. Tukar Link / Link Exchange antar Sesama Blogger
Anda pasti sudah sering melakukan link exchange. Trik ini sangat berpangaruh terhadap nilai pagerank blog anda. Namun, anda perlu memperhatikan dalam melakukan tukar link. Antara lain (i) anda diharapkan tukar link dengan blog yang satu tema/topik, (ii) usahakan link dipasang di sidebar blog, bukan di halaman tersendiri, (iii) tukar link dengan blog berpagerank tinggi, (iv) jangan berlebihan dalam melakukan link exchange, (v) jangan tukar link dengan blog spam dan blog pornografi. Trik ini cukup berisiko, tapi bisa meningkatkan pagerank blog anda dalam waktu singkat.

12. Rajin Blogwalking ke Blog Sahabat
Blogwalking merupakan aktivitas saling berkunjung dan berkomentar di blog lain. Aktivitas ini sarat akan manfaat. Oleh karena itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk melakukan blogwalking. Selain bisa mengundang pengunjung blog, juga bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Agar anda bisa mendapatkan backlink dari blog teman, silahkan gunakan opsi Name/Url atau OpenID Blogger saat anda berkomentar.

13. Mendaftarkan Blog di Search Engine dan Mengirim Sitemap

Resource : http://www.dicintai.com/2013/12/cara-melakukan-optimasi-seo-off-page-pada-blog.html
Yuk share ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg
Di posting oleh : Unknown , Update pada : 19.00 | ► 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Blogspot (5) Info Situs (5) SEO (3) Tutorial (5)